Tentang Kami

Pekalongan (bahasa Jawa: ꦏꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀​ꦥꦼꦏꦭꦺꦴꦔꦤ꧀, translit. Kabupatèn Pekalongan) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Kajen. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa dan Kota Pekalongan di Utara, Kabupaten Batang di Timur, Kabupaten Banjarnegara di Selatan, serta Kabupaten Pemalang di Barat. Penduduk kabupaten Pekalongan di tahun 2019 berjumlah 897.111 jiwa. Kata Pekalongan berasal kata kalong, yang berarti "kelelawar" dalam bahasa Jawa. Menurut legenda, Raden Bahurekso (bupati Kendal I), seorang abdi dalem Sultan Agung, diberi perintah oleh Sultan Agung untuk membangun sebuah daerah di sebelah barat Kota Kendal,Raden Bahu pun melakukan tapa ngalong (bertapa seperti kelelawar) di daerah ini. Bagian utara Kabupaten Pekalongan merupakan dataran rendah; sedang di bagian selatan berupa pegunungan, bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Sungai-sungai besar yang mengalir di antaranya adalah Kali Sragi dan Kali Sengkarang beserta anak-anak sungainya, yang kesemuanya bermuara ke Laut Jawa. Kajen, ibu kota Kabupaten Pekalongan, berada di bagian tengah-tengah wilayah kabupaten, sekitar 25 km sebelah selatan Kota Pekalongan.

Aplikasi SIKN dan Website JIKN merupakan antarmuka pengguna umum (masyarakat) untuk mencari informasi kearsipan secara nasional dapat dilakukan dengan berbagai kategori, meliputi: deskripsi arsip, pencipta arsip, fungsi, repositori (tempat penyimpanan), subjek, tempat, serta objek digitalnya yang sebelumnya telah dihimpun oleh simpul jaringan menggunakan aplikasi SIKN. Dari informasi yang diperoleh di SIKN JIKN ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi secara autentik dan utuh. Selain itu dengan adanya SIKN yang dikelola oleh simpul jaringan dapat memberikan kemudahan akses informasi kearsipan secara mudah, cepat, dapat di akses dimana saja tanpa terikat ruang dan waktu.

Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Pekalongan yaitu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu anggota simpul jaringan JIKN. Diharapkan dengan keanggotaan ini Kabupaten Pekalongan dapat terus berupaya untuk memberikan akses layanan kearsipan kepada masyarakat dengan selalu menambah khasanah arsip yang dimuat di SIKN JIKN serta memberikan informasi yang autentik dan utuh.